Di dalam KBBI/ Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Berbagai jenis sarana
b. Penyediaan Informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik, animasi, dan teks.

Menurut Suyanto dari Hoffstetter, 2003.21, Multimedia berasal dari kata Multi dan Media. Multi artinya banyak, sedangkan media dalam bentuk jamaknya berarti medium. Multimedia merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan beragam image dan objek, seperti text, grafik, audio, gambar bergerak ( video atau animasi ), dengan menggabungkan link dan tool sehingga memungkinkan pemakainya untuk melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi , dan berkomunikasi.


Perhatikan bagan di bawah ini.

Melihat bagan di atas, terlihat jelas bahwa komponen multimedia terbagi menjadi 6 bagian. Bagian tersebut adalah video, interactive, animasi 2d/3d (contoh animasi: Cerita Daerah Bali - I Belog), grafis dan audio/narasi/sound effect.
       Adapun menurut Robert Webking, multimedia secara etimologi diartikan sebagai multi(banyak) dan medium( perantara media ). Dalam bidang informasi, multimedia memiliki makna "persekutuan media" di antara sumber dan pemasukan informasi atau "persekutuan alat" dimana informasi di simpan, di transformasikan, di presentasikan dan ditrima ( webking, 2001: www.altheweb.com )
Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa multimedia adalah pemanfaatan seperangkat komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi ) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkingkan pemakai melakukan nafigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah berbagai jenis medium yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk yang mengandung kombinasi komponen teks, interaktif, animasi 2d/3d, grafis, video dan audio/narasi/sound effect.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Pengertian Multimedia, tontonlah video di bawah ini.